Pengertian dan Perbedaan Hadits, Sunnah, Atsar, Khabar ##2## (الفوق بين الحديث و الأثر و السنة و الخبر)



تعريف الأثر
الأثر في اللغة هو: بقية الشيء، وهو العلامة الفرعية التي تدل على أصل الشيء وحقيقته، مثل أثر الرجل في الطين، فهو فرع للأصل الحقيقي الذي هو القدم، أو هو أثر للمؤثر الحقيقي وهو القدم، فالأثر يدل على المسير.
وأما في الاصطلاح فقد اختلف أهل العلم اختلافا عظيما، فمنهم من يقول: الأثر اسم مفعول بمعنى المأثور، وكل مأثور يطلق عليه اصطلاحا أثر، وهذا المأثور إما أن يكون مرفوعا إلى النبي صلى الله عليه وسلم أو موقوفا على الصحابي، أو مقطوعا على التابعي.

Pengertian Atsar dalam bahasa berarti sisa sesuatu, yang dimaksudkan adalah hubungan yang bersifat cabang yang menunjukkan kepada asal sesuatu dan hakikatnya, contoh Atsar laki-laki dalam tanah (saat berjalan), maka Atsar adalah cabang dari asal hakikat sesuatu itu yaitu kaki (jejak kaki), atau Atsar dari orang yang memberi Atsar yang benar adalah Kaki (orang yang memberi Atsar). Maka Atsar menunjukkan kepada sesuatu yang selangkah (sejalan {bergaris}).
Dan adapun dalam Istilah maka pengertian Atsar masih menjadi perdebatan yang besar, dan sebagian berpendapat ; Atsar adalah isim maful dengan pengertian ma'tsur, dan setiap ma'tsur dikatakan istilah Atsar, dan Ma'tsur ini ada yang dinaikan kepada Nabi Saw, atau berhenti kepada Sahabat atau terputus kepada Tabi'in. 

وهذا قول المحدثين.
وهو بهذا المعنى مرادف للحديث والسنة؛ لأن جمهور المحدثين يرون أن السنة والأثر والحديث بمعنى واحد.
وخالفهم طائفة قليلة من المحدثين والأصوليين والفقهاء، فقالوا: إنهما متغايران، أي: متباينان ومختلفان: فالحديث: هو ما كان من قول النبي صلى الله عليه وسلم وحده دون سواه. والأثر: ما أضيف إلى الصحابي من قوله أو فعله.
أي: أن الحديث هو المرفوع من قول النبي صلى الله عليه وسلم، والأثر هو الموقوف من قول الصحابة.
والاختلاف بين العلماء في الحديث والأثر، وهل معناهما واحد أو مختلف خلاف لفظي ليس له أثر في الواقع، مثل الاختلاف في الفرض والواجب بين الجمهور والأحناف، فالأحناف انفردوا عن الجمهور بقولهم: إن الواجب ما ثبت بدليل ظني، والفرض ما ثبت بدليل قطعي، ثم تجد الأحناف أنفسهم عند التطبيق العملي يمثلون للفرض بالوتر، ويقولون في كتب فروعهم عن الوتر: إنه فرض، وعن السنن: إنها واجبة.

Dan ini perkataan para ahli hadits
Atsar ini memiliki makna yang sama dengan Hadits dan Sunnah; karena sebagian besar ahli hadits memandang bahwa sesungguhnya Sunnah dan Atsar dan Hadits itu memiliki makna yang satu.
Tetapi berbeda dengan Sekelompok Orang dari ahli hasits dan ushul fiqh, mereka berpendapat sesungguhnya keduanya itu memiliki perbedaan (hadits dan atsar), Hadits itu disandarkan kepada Nabi saja, dan Atsar itu disandarkan kepada sahabat.
Yang dimaksud adalah hadits itu dinaikan kepada Nabi dan Atsar itu berhenti kepada sahabat.

Dan perbedaan diantara ulama dalam pengertian Hadits dan Atsar, dan apakah makna keduanya itu sama atau berbeda itu perbedaan ucapan saja. Seperti perbedaan diantara pengertian Fardhu dan Wajib diantara ahli ulama.

0 Response to "Pengertian dan Perbedaan Hadits, Sunnah, Atsar, Khabar ##2## (الفوق بين الحديث و الأثر و السنة و الخبر) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel